Belajar Masak

Kerang Hijau

0


Sudah tidak diragukan lagi bahwa kerang sangat baik untuk dikonsumsi. Kerang memang mengandung kolesterol, namun kadar lemak total maupun lemak jenuhnya tergolong rendah.
Kerang juga mengandung mineral antara lain : besi (Fe), fosfor (P), flour (F), iodium (I), kalsium (Ca), kalium (K), seng (Zn), selenium (Se), dan lain-lain. Di samping itu kerang juga termasuk sumber vitamin larut lemak seperti vitamin: A, D, E, dan K. Selain vitamin larut lemak juga terkandung vitamin larut air, seperti: B-1, B-2, B-6 (piridoxin), B-12, dan Niasin. Mengonsumsi sekitar 300 gr kerang dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin B-12 untuk tubuh. Sebagaimana diketahui, vitamin B-12 mampu melindungi kolon dari resiko kanker lho...

Bahan - bahan :
2 ons kerang hijau, cuci bersih dan siangi ( buang kotorannya )
5 siung bawang putih, diiris tipis
5 siung bawang merah, diiris tipis
5 cabe hijau, iris menyerong tipis
15 cabe rawit hijau, iris menyerong tipis
1 sdm minyak wijen
1 sdm minyak goreng
1/2 sdm kecap asin
1 sdt gula pasir
1/4 sdt garam

Cara membuat resep masakan kerang hijau :
1. Tumis bawang putih dan bawang merah ke campuran minyak wijen dan minyak goreng hingga layu dan harum, masukkan irisan cabe hijau dan cabe rawit hijau, aduk hingga cabe layu.
2. Masukkan kerang, aduk rata.
3. Tambahkan gula pasir, garam dan kecap asin aduk sampai rata - diamkan sesaat, kemudian angkat.

Mudah kan cara masaknya, sekarang masakan kerang hijau siap dinikmati. Dengan nasi hangat akan terasa lebih menggugah selera makan.. :)

0 komentar:

Posting Komentar